Hasil Wawancara Koperasi


HASIL WAWANCARA KOPERASI
KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BERKAH MADANI


Pada tulisan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai koperasi yang telah kami kunjungi bersama. Koperasi yang telah kami kunjungi bernama Koperasi Jasa Keuangan Syariah Berkah Madani, lokasinya tidak jauh dari kampus kami yaitu beralamat di Jalan Akses UI No. 9 Kelapa Dua, Depok.
Lembaga Keuangan Syariah Berkah Madani adalah lembaga keuangan mikro yang beroperasi dengan prinsip syariah. Lembaga Keuangan Syariah Berkah Madani berbadan hukum Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS). Koperasi ini didirikan oleh 34 anggota pada tanggal 16 November 2004 dan mulai beroperasi pada tanggal 10 Februari 2005. Namun pada saat ini anggotanya berjumlah 64 orang. Peresmian dilakukan oleh Bapak Ir. Aburizal Bakrie dan Bapak Sugiharto selaku Ketua Dewan Penyatuan dan Ketua Umum.
Visi dari koperasi KJKS Berkah madani yaitu, menjadi lembaga keuangan syariah yang terbaik dan terdepan secara nasional dalam memberi solusi yang bermakna bagi kaum dhuafa, pengusaha mikro, dan kecil secara berkelanjutan dengan berlandaskan prinsip-prinsip fathonah,amanah, shidiq, dan tabligh. Dan misinya antara lain:
1.    Meningkatkan akses permodalan bagi masyarakat kecil baik finansial maupun non-finansial.
2.    Membantu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan produktivitas masyarakat kecil demi kesejahteraan dan keadilan ekonomi.
3.    Menjadi lembaga keuangan syariah yang tumbuh secara berkelanjutan seiring dengan pertumbuhan usaha nasabahnya.
4.    Memberikan keuntungan maksimal secara terus-menerus kepada shareholder melalui pelayanan terbaik kepada stakeholder.
5.    Menjadi organisasi pembelajar yang secara kontinyu meningkatkan kompetensi dan kapasitas Sumber Daya Insani yang beriman dan bertaqwa dengan kesejahteraan yang maksimal.
Tujuan didirikannya KJKS Berkah Madani adalah menjadi solusi intelektual dan finansial kepada masyarakat berdasarkan prinsip-prinsip syariah agar hidup menjadi lebih bermakna. Dengan demikian diharapkan keadilan dan kesejahteraan dapat lebih dirasakan oleh para pengusaha mikro dan kecil, khususnya anggota KJKS Berkah Madani.
Berikut dibawah ini adalah struktur kepengurusan berdasarkan hasil keputusan Rapat Anggota Tahunan (RAT) terakhir.
Badan Pengurus
Ketua Umum  : Johan Machrobi Prawira Negara
Sekretaris        : Rinadi Nindiyawan
Bendahara       : Yoke Paramitha
Dewan Pengawas Syariah
Ketua              : Arisson Hendry
Anggota          : Muhammad Haikal
Pengelola/Karyawan
Manajer           : Fahrudin Ali Ahmad
Adm. & IT      : Supriyanto
Teller               : Anik Andi Lestari
Account Officer          :
1.    Fahrudin Ali Ahmad
2.    Fachroji
3.    Apih
4.    Rizki
Produk yang tersedia yaitu produk pembiayaan dan investasi. Produk pembiayaan terdiri dari, Murabahah (Jual-Beli), Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Musyarakah, dan Ijaroh (sewa). Produk investasi terdiri dari, Tabungan Berkah Hasil, Berkah Amanah, Berkah Siswa, Berkah Talbiyah (Haji/Umrah), Berkah Kurban, Berkah Fitri, dan Berkah Walimah.
1.    Murabahah (Jual-Beli)
Yaitu pembiayaaan untuk kebutuhan pembelian barang, baik berupa barang modal, alat produksi, bahan baku, persediaan barang, maupun barang konsumtif. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai maupun dengan mengangsur untuk jangka waktu yang disepakati.
2.    Pembiayaan Mudharabah
Pembiayaan Mudharabah dikenal juga sebagai pola pembiayaan bagi hasil.
3.    Pembiayaan Musyarakah
Yaitu pola kerjasama antara KJKS Berkah Madani dengan salah satu atau lebih mitra usaha dalam sebuah proyek/aktivitas usaha, dimana semua pihak berkontibusi dalam hal permodalan maupun pengelolaan usaha.
4.    Ijaroh (Sewa)
Yaitu pola pembiayaan dimana KJKS Berkah Madani menyewakan suatu barang/jasa unutk digunakan manfaatnya oleh nasabah dengan sejumlah imbalan yang dibayarkan. Pembiayaan ijaroh dapat digunakan untuk sewa tempat usaha, sewa kendaraan, sewa tenaga kerja, dsb.
       Semua produk yang ditawarkan oleh KJKS Berkah Madani dalam hal pembagian hasil berdasarkan kesepakatan yang dibuat pada waktu akad dilakukan.

Komentar

  1. wah, seru juga yah cerita kunjungan ke koperasi berkah madani. ditunggu cerita-cerita selanjutnya yah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kedudukan, Fungsi, dan Tujuan Wawasan Nusantara

FENOMENA APLIKASI TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE

DIY membuat tirai dari kertas krep