Laporan Keuangan Koperasi

Laporan Keuangan Koperasi


Seperti yang telah di jelaskan pada tulisan sebelumnya mengenai koperasi dan jenisnya, pada tulisan kali ini sedikit ingin menjelaskan tentang bentuk dari laporan keuangan koperasi atau hal-hal yang ada di dalam laporan keuangan koperasi.

Sama halnya dengan badan usaha yang lain, koperasi pun tentunya membuat informasi laporan keuangan yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan pada periode berjalan. Laporan keuangan juga menunjukkan semua hal yang telah dilakukan manajemen atau bukti fisik pertanggung jawaban manajemen atas sumberdaya yang dipercayakan kepadanya untuk dikelola sebagaimana mestinya. Namun, tidaklah mudah untuk membuat laporan keuangan bagi suatu badan usaha, pada laporan keuangan koperasi disusun berdasarkan PSAK yang bertujuan untuk menjadikan laporan keuangan lebih mudah dipahami, relevansi, keandalan, dan mempunyai daya banding yang tinggi. Dengan demikian, laporan keuangan dapat dijadikan sebagai salah satu alat evaluasi kemajuan koperasi.

Karateristik Laporan Keuangan Koperasi
1.      Laporan keuangan merupakan bagian dari pertanggung jawaban pengurus kepada anggotanya di dalam rapat anggota tahunan (RAT).
2.      Laporan keuangan meliputi, neraca/laporan posisi keuangan, laporan sisa hasil usaha, dan laporan arus kas yang penyajiannya dilakukan secara komparatif.
3.      Laporan keuangan yang disampaikan pada RAT harus ditandai oleh semua anggota pengurus koperasi.
4.      Laporan Laba/rugi menyajikan hasil akhir yang disebut SHU. SHU dapat berasal dari usaha yang diselengarakan untuk anggota dan bukan anggota. Pada saat RAT, SHU dibagikan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam undang-undang dan anggaran dasar koperasi.
Komponen-komponen tersebut selama belum dicairkan, disajikan dalam kelompok kewajiban lancar pada neraca, sedangkan cadangan koperasi tidak dibagi karena merupakan bagian sisa hasil usaha dan digunakan untuk memupuk modal sendiri dan menutup kerugian koperasi.
5.      Sisa hasil usaha pada koperasi bukan merupakan satu-satunya alat ukur atas manfaat keanggotaan koperasi dan prestasi pengurus. Sisa hasil usaha merupakan hasil dari prosedur akuntansi yang diterapkan dalam koperasi dan mencerminkan perubahan kekayaan bersih yang berasal dari transaksi, kejadian atau keadaaan ekonomis yang timbul dari kegiatan usaha.

Standar Akuntansi Keuangan Koperasi
Laporan keuangan koperasi pada dasarnya tidak berbeda dengan laporan keuangan yang dibuat oleh badan usaha milik negara maupun swasta, meliputi neraca, perhitungan hasil usaha/income statement, lapora arus kas/cash flow, catatan atas laporan keuangan, dan laporan perubahan kekayaan bersih sebagai laporan tambahan.
Adapun perbedaannya sebagai berikut:
1.      Metode alokasi pendapatan dan beban harus diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan yaitu berdasarkan perbandingan manfaat yang diterima oleh anggota dan bukan anggota.
2.      Laporan keuangan koperasi bukan merupakan laporan keuangan konsolidasi dari koperasi-koperasi, apabila terjadi penggabungan harus memperhatikan nilai aktiva bersih yang rill serta penilaian kembali.

Pelaporan Keuangan Koperasi
Setelah tahun buku koperasi di tutup, paling lambat 1 bulan sebelum RAT, pengurus harus menyusun laporan keuangan taunan yang memuatsekurang-kurangnya:
1.      Perhitungan tahunan
Terdiri dari neraca akhir tahun buku yang baru lampau dan perhitungan hasil usaha dari tahun yang sedang berjalan beserta penjelasnnya.
2.      Keadaan dan usaha koperasi serta hasil usaha yang dapat atau telah tercapai.

Berikut link untuk melihat contoh dari laporan keuangan koperasi:
https://www.dropbox.com/s/20e2hl50abpsh7c/contoh%20laporan%20keuangan%20koperasi.pdf

Tulisan ini mengambil point penting dari sumber:
http://xxxqori.blogspot.com/2013/12/bentuk-laporan-keuangan-dalam-koperasi.html#.VKk9sNKUde8
http://www.akuntansiitumudah.com/contoh-laporan-keuangan-koperasi-download-pdf/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kedudukan, Fungsi, dan Tujuan Wawasan Nusantara

FENOMENA APLIKASI TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE

DIY membuat tirai dari kertas krep