Asas-asas Ketahanan Nasional

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan sedikit mengenai latar belakang ketahanan nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk itu setelah kita ketahui apa itu ketahanan nasional dan pentingnya ketahanan nasional dalam suatu negara akan dibahas mengenai asas-asas yang ada dalam ketahanan nasional.

Asas-asas Ketahanan Nasional
Apabila tadi sudah djelaskan bahwa falsafah dari ketahanan nasional yaitu berlandaskan Pancasila, UUD 1945, dan Wawasan Nusantara. Maka asas ketahanan nasional adalah tata laku yang didasari nilai-nilai yang tersusun beradasarkan ketiga hal tersebut. Berikut asas ketahanan nasional:
1.      Asas Kesejahteraan dan Keamanan
Kesejahteraan dan keamanan merupakan asas dalam sistem kehidupan nasional dan
merupakan nilai intrinsik yang ada padanya. Dalam realisasinya kondisi kesejahteraan dan keamanan dapat dicapai dengan menitikberatkan pada kesejahteraan tetapi tidak mengabaikan keamanan, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, keduanya harus selalu ada, berdampingan pada kondisi apapun sebab keduanya merupakan salah satu parameter tingkat ketahanan nasional sebuah bangsa dan negara.
2.      Asas Menyeluruh Terpadu
Ketahanan nasional mencangkup ketahanan segenap aspek kehidupan bangsa secara utuh, menyeluruh, dan terpadu dalam bentuk perwujudan persatuan dan perpaduan yang seimbang dari keseluruhan aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.      Asas Mawas ke dalam dan Mawas ke luar
Mawas kedalam dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas derajat kemandirian bangsa yang ulet dan tangguh. Dan mawas ke luar bertujuan untuk dapat mengantisipasi dan ikut berperan serta menghadapi dan mengatasi dampak lingkungan strategis luar negeri, serta menerima kenyataan adanya saling interaksi dan ketergantungan dengan dunia internasional.
4.      Asas Kekeluargaan
Dalam asas ini diakui adanya perbedaan yang harus dikembangkan secara serasi dalam hubungan kemitraan serta dijaga agar tidak berkembang menjadi konflik yang bersifat antagonistik yang saling menghancurkan.

Referensi terkait pembahasan:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kedudukan, Fungsi, dan Tujuan Wawasan Nusantara

FENOMENA APLIKASI TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE

DIY membuat tirai dari kertas krep