Latar Belakang Ketahanan Nasional

KETAHANAN NASIONAL

Di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentunya tidak dapat terlepas dari peran Ketahanan Nasional. Peran ketahanan nasional di Indonesia di dalam perjalanannya tidak luput dari sejarah, seperti yang terjadi sejak proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945. Mengapa ketahanan nasional itu harus ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara? Karna dalam kehidupan bernegara memerlukan perjuangan yang tidaklah mudah, banyak halangan dan hambatan yang ada. Untuk itulah peran ketahanan nasional ada dalam hal kemampuan, keuletan, kekuatan, ketangguhan, dan atau menghancurkan setiap tantangan, ancaman, rintangan, dan gangguan yang dialami suatu negara.
Tidak hanya sebagai kemampuan dan kekuatan bagi suatu bangsa, tetapi dengan terus membangun rasa ketahanan nasional maka semakin kuat posisi suatu bangsa dalam pergaulannya dengan negara-negara lainnya.
Dan yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana ketahanan nasional dapat terwujud dengan seharusnya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara? Di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang menjadi pemeran utama dalam menjalankan suatu negara tentunya adalah manusia yang berada di dalamnya. Manusia inilah yang harus mewujudlkan ketahanan nasional di negara, dengan cara apa? Cara paling awal adalah dengan menyatukan cita-cita suatu negara, cita-cita untuk menentukan arah dan tujuan bagaimana dan apa yang harus dilakukan, kesamaan cita-cita inilah yang membentuk suatu ideologi di dalam suatu negara untuk menjalankan fungsinya dalam membangun ketahanan nasional.
Konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang, dan menyeluruh berlandaskan Pancasila, UUD 1945, dan Wawasan Nusantara.

Referensi terkait pembahasan:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kedudukan, Fungsi, dan Tujuan Wawasan Nusantara

FENOMENA APLIKASI TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE

DIY membuat tirai dari kertas krep