Politik, Strategi Nasional, dan Dasar Pemikiran Polstranas

POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL

Sebelum memulai pembahasan mengenai politik dan strategi nasional, disini akan dijelaskan terlebih dahulu tentang apa itu politik dan strategi nasional. Kata politik sudah pasti sering kita dengar di dalam suatu pemerintahan negara karena kata politik sangat erat kaitannya dengan negara. Tentunya kita sudah mengetahui pula apa itu politik dan bagaimana wujudnya, jika kita mendengar kata politik mungkin yang terbersit adalah tentang kekuasaan, mengatur, kebijakan, dan lain sebagainya. Kesemua arti tersebut tidaklah salah, jadi arti politik secara keseluruhan adalah tindakan dari suatu kelompok individu mengenai suatu masalah di masyarakat atau negara. Dengan demikian politik berkaitan dengan negara, kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijakan umum, dan distribusi kekuasaan.
Politik dapat terwujud melalui suatu tindakan dan tidak semata-mata hanya melakukannya saja tetapi membutuhkan strategi, karena apa? Karena politik berkaitan dengan negara dan hal-hal lainnya. Kata strategi adalah cara untuk mendapatkan kemenangan atau pencapaian tujuan. Dengan demikian, strategi ini pun menjadi bagian dari politik untuk menjadi strategi  nasional untuk mencapai tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional.
Strategi nasional dapat terwujud tentunya harus memiliki dasar pemikiran yang kuat untuk dapat berjalan dengan baik di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Untuk itulah pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan mengenai wawasan nusantara dan ketahanan nasional, karena pokok-pokok pikiran yang terdapat didalamnya adalah sistem manajemen nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang digunakan sebagai kerangka acuan dalam peyusunan politik strategi nasional.

Referensi terkait pembahasan:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kedudukan, Fungsi, dan Tujuan Wawasan Nusantara

FENOMENA APLIKASI TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE

DIY membuat tirai dari kertas krep