Pengalaman menjadi Volunteer WikiDPR

Pengalaman menjadi Volunteer WikiDPR

Kesempatan kali ini saya mau sharing mengenai manfaat dari mengikuti rapat-rapat di DPR yang sudah saya jalani selama selama menjadi volunteer di WikiDPR batch 6. Mungkin kebanyakan dari orang diluaran menganggap bahwa meliput rapat itu membosankan, ngantuk, atau bahkan ngga penting dengan alasan liat saja hasilnya di berita-berita elektronik atau televisi.
Sebenarnya dulu pun saya termasuk kategori orang yang seperti itu. Tapi, perlahan mindset itu saya ubah seiring dengan bergabung bersama wikiDPR batch 6. Banyak pengalaman dan hal baru yang saya dapat dan rasakan sejak mengikuti rapat-rapat di DPR. Satu hal yang membuat saya merasa ekslusif dibandingkan dengan orang lain adalah saya bisa menyaksikan langsung mereka yang berkepentingan membahas isu-isu yang belum tayang di media cetak dan elektornik maupun televisi. Selain itu adalah, status saya yang masih “mahasiswa” bisa masuk ke dalam balkon ruang rapat para anggota DPR dan melihatnya secara langsung layaknya live report yang disiarkan dari stasiun televisi. Selain kedua hal itu, yang paling penting adalah saya bisa melihat cara mereka berpendapat terhadap permasalahan yang dihadapi di rapat.
Pengalaman yang saya sharing diatas ga pernah tergambar dan melintas di pikiran saya sebelumnya karena dulu saya masih sangat minim pengetahuan tentang hal-hal seperti ini. Selain hal-hal yang udah saya sebutin diatas, sebenarnya ada beberapa lho rapat-rapat di DPR yang ga diliput oleh media televisi yang terkenal karena biasanya rapat yang diliput oleh mereka adalah isu-isu terhangat. Tapi nih ya, tv parlemen selalu meliput setiap rapat-rapat yang diadakan disana loh ya. Jadi, tv parlemen ini bisa dibilang media yang dimiliki oleh DPR yang khusus untuk meliput dan mempublikasikan hasil liputannya di website DPR.

Jadi, bagi kalian yang menginginkan info ter-update terkait rapat-rapat di DPR bisa mengakses website www.dpr.go.id untuk melihat rapat apa saja yang sudah dilakukan oleh para anggota dewan. Selain itu, bagi yang ingin mengetahui tentang kinerja dari setiap anggota dewan bisa mengakses website www.wikidpr.org

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kedudukan, Fungsi, dan Tujuan Wawasan Nusantara

FENOMENA APLIKASI TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE

DIY membuat tirai dari kertas krep