Tips Singkat Pengendalian Anggaran Keuangan Pribadi

Tips Singkat Pengendalian Anggaran Keuangan Pribadi

Disini saya mau berbagi sedikit ilmu yang saya dapatkan saat menghadiri seminar tentang bagaimana cara mengelola keuangan. Ada 3 langkah sederhana yang sebenarnya sudah sangat kita ketahui dengan baik namun dalam penerapannya kadang agak sulit untuk diterapkan yah. Diantaranya yaitu:
1.      Membuat anggaran yang baik
Benar sekali! Sebelum mempergunakan uang yang kita miliki tentunya harus membuat anggaran dengan cara membaginya ke dalam jenis-jenis pengeluaran yang kita butuhkan seperti kebutuhan makan, tabungan, dana darurat, hiburan, bahkan hutang sekalipun. Tidak lupa dengan mencantumkan kisaran besarnya pengeluaran untuk masing-masing jenis pengeluaran tersebut yah.
2.      Bagikan dalam “amplop-amplop” terpisah
Setelah kita sudah membuat bagian-bagian dari jenis pengeluaran dan kisaran besarnya pengeluarannya, kita bisa langsung membagikan atau memisahkan masing-masing jumlah uangnya ke dalam “amplop-amplop” terpisah. Ya tentunya agar tidak ada bagian uang yang terpakai diluar dari jenis-jenis pengeluaran yang sudah kita buat pada langkah pertama yah.
3.      Bedakan antara kebutuhan vs keinginan
Nah yang terakhir dan yang penting kita kenali adalah kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jangan salah membedakan yah! Karna keduanya sering kita anggap sama bahkan tertukar. Kebutuhan berisi hal-hal penting yang harus dipenuhi sedangkan keinginan berisi hal-hal “menarik” untuk dipenuhi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kedudukan, Fungsi, dan Tujuan Wawasan Nusantara

FENOMENA APLIKASI TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE

DIY membuat tirai dari kertas krep